Jenis Kertas yang Digunakan dalam Percetakan Kalender

Percetakan digital printing di Jakarta untuk kalender tak lepas dari jenis kertas yang digunakan. Jenis kertas inilah yang nantinya akan menentukan harga yang diberikan pada kalender. Kertas menjadi komponen penting karena mempengaruhi tinta yang nantinya akan digunakan.

Kertas HVS

Kertas HVS dalam dunia cetak kalender menempati posisi kertas paling murah harganya karena memang bahannya yang tipis dan tidak tahan terhadap air. Bahkan kertas ini bisa rusak jika terkena air. Akan tetapi keunggulan dari kertas ini tentu saja selain ringan dan mudah dibawa, harganya yang murah menjadi nilai plus sendiri. Jadi bahan ini cocok untuk kalender yang dicetak dalam skala kecil.

Agar hasilnya lebih maksimal gunakan kalender dengan monocolor atau satu warna, karena kertas ini memiliki daya serap tinggi pada tinta sehingga jika full color maka dikhawatirkan kertas akan mudah rusak dan sobek karena lembab pada tinta. Kalender ini cocok untuk kalender keluarga atau kelas  saja.

Kertas Artpaper

Kertas artpaper bisa dibilang sebagai bahan yang paling banyak digunakan pada cetakan kalender. Hal ini tak lepas dari sifatnya yang berada diatas kertas HVS. Kertas ini memiliki permukaan yang licin, halus, dan mudah menyerap tinta dan menguncinya. Selain digunakan untuk bahan pembuatan kalender, bahan ini juga cocok digunakan untuk brosur, fryer, dan juga pamflet.

Kelemahan dari bahan ini adalah tidak bisa dicoret karena permukaan yang licin membuat bola pada bulpen tidak bisa digerakkan dengan maksimal. Apalagi penyerapan tinta juga dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Meski demikian sebagian besar kalender yang dicetak saat ini menggunakan bahan dari kertas artpaper.

Kertas Ivory

Kertas ini memiliki kualitas satu tingkat dibawah kertas artpaper. Yang membedakan ada pada sisi permukaannya yang kontras antara satu dengan yang lainnya. Satu sisi licin seperti kertas artpapaer namun di sisi lainnya terlihat agak buram dan kasar. Oleh karena itulah secara harga, nilainya juga lebih murah dibandingkan kertas artpaper.

Akan tetapi kertas ini juga banyak digunakan untuk kalender khususnya kalender duduk atau kalender meja. Bahannya yang tebal dan kaku serta satu sisi permukaan yang licin dan mudah menyerap tinta membuatnya banyak digunakan oleh percetakan kalender.

Kertas Duplek

Terakhir adalah kertas duplek yang banyak digunakan untuk kalender meja atau kalender poster. Bahan ini mudah dikenali karena sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kotak makanan. Kertas duplek memiliki sisi yang bagus dalam penyerapan tintanya dan juga terlihat mengkilap ketika dilihat. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk kalender yang juga difungsikan sebagai poster. Kertas ini memiliki bagian putih licin dan disisi lain memiliki warna abu-abu gelap dengan permukaan kasar. Bahannya yang tebal inilah yang membuatnya sering digunakan oleh percetakan kalender.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published.

top