Trik Sukses Membuat Motivation Letter

contoh motivation letter untuk beasiswa ke luar negeri

Membuat motivation letter adalah hal yang cukup sulit sebenarnya untuk dilakukan. Karena meski singkat dan umumnya tidak lebih dari satu lembar, namun ada banyak hal yang harus diperhatikan agar surat Anda benar-benar membawa ketulusan dan keinginan untuk bisa mendapatkan beasiswa. Motivation letter kerap jadi syarat dokumen yang harus diserahkan ketika Anda ingin mengajukan permohonan beasiswa kepada instansi, lembaga, atau bahkan individu sponsor yang isinya adalah motivasi Anda untuk bisa mendapatkan beasiswa yang ditawarkan dan menjelaskan mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk menerima beasiswa tersebut. Berikut ini merupakan rekomendasi contoh motivation letter untuk beasiswa.

Pembuka yang catchy

Pembaca surat Anda tentunya sudah membaca banyak surat-surat dengan isi yang kurang lebih sama sehingga menimbulkan kesan yang membosankan. Padahal masing-masing surat tentunya menyimpan keinginan yang kuat bagi pelamarnya untuk bisa mendapatkan beasiswa. Untuk bisa menarik perhatian pembaca sejak awal agar ia tidak bosan dan tertarik untuk membaca motivation letter Anda sampai habis, buka dengan sesuatu yang segar, unik, namun tetap menunjukkan motivasi Anda. Misalnya bisa dengan cerita singkat mengenai hidup dan juga mimpi Anda dan bagaimana beasiswa yang ditawarkan bisa mengubah hidup Anda jika berhasil didapatkan.

Struktur surat yang baik

Buat motivation letter dengan struktur yang mengalir dengan natural dan setiap paragrafnya tersusun dengan rapi dan mengandung informasi yang penting. Urutan surat yang bisa jadi panduan Anda contohnya sebagai berikut:

–       Dengan hormat,

–       Menjelaskan maksud dari surat Anda

–       Mengucapkan terima kasih karena sudah diberi kesempatan untuk mengirim lamaran

–       Apa yang jadi bidang minat Anda, tujuan sekolah, dan bagaimana hal tersebut bisa memengaruhi masa depan Anda

–       Ceritakan mengenai program studi dan keahlian apa yang Anda dapatkan selama masa belajar

–       Kegiatan ekstrakurikuler yang pernah diikuti, prestasi, pelatihan, organisasi yang pernah diikuti

–       Menjelaskan mengapa Anda harus dipilih sebagai penerima beasiswa, bagaimana hal tersebut bisa memengaruhi perkembangan studi Anda dan juga karir Anda di masa depan

–       Mengucapkan terima kasih dan kalimat penutup.

Jujur

Jadilah diri sendiri, jujur dengan motivasi apa yang membuat Anda terdorong untuk mengajukan beasiswa. Mungkin  karena lokasi sekolahnya, karena fasilitas dan peluang yang dimiliki oleh sekolah tersebut, atau alasan lainnya. Namun hubungkan alasan dan motivasi Anda dengan perkembangan karir dan masa depan yang Anda harapkan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published.

top