Pengertian Perusahaan Freight Forwarding

Pengertian jasa freight forwarding

Freight Forwarding merupakan salah satu perusahaan yang mana memiliki usaha dalam bidang angkut barang yang secara keseluruhan. Dan biasanya Freight Forwarding juga memiliki fungsi sebagai EMKL, pelayaran dan pengiriman door to door.

Freight Forwarding sering juga disebut dengan nama usaha jasa pengurusan transportasi yang mana kegiatan usahanya adalah mengurus semua kegiatan yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan mengirim dan menerima barang. Dimana untuk prosesnya dikirim dengan jalur darat, udara hingga laut.

Cangkupan Freight Forwarding

Perusahaan Freight Forwarding sendiri sebenarnya mencangkup banyak sekali kegiatan. Diantaranya adalah : kegiatan menerima, menyimpan, mengelompokkan, proses packing, mengukur, penimbang, dan mengurus semua dokumen, melakukan proses hitung biaya untuk angkut, klaim untuk asuransi. Menyelesaikan tagihan dan juga beberapa biaya Freight Forwarding yang diperlukan selama pengiriman barang yang akhirnya bisa sampai ke pihak yang memesan barang.

Tugas dan Tanggung Jawab Freight Forwarding

Mereka yang bekerja dan melaksanakan Forwarding adalah Freight Forwarder dimana tugas dan tanggung jawabnya adalah :

  • Karena bekerja atas perintah yang diberikan oleh customer maka mereka harus mengirim barang yang dikirimkan sesuai dengan yang tertuju
  • Untuk proses mengirimkan barang ke tempat tujuan pengiriman maka forwarder tidak harus bisa memiliki sarana untuk proses angkut sendiri
  • Untuk mereka yang menjadi Freight Forwarder sendiri memiliki tugas sebagai perantara antara yang mengirimkan, mengangkut dan yang menerima

Defisini Freight Forwarding

Jika melihat secara singkat dengan penjelasan diatas, maka bisa dikatakan jika perusahaan Freight Forwarding merupakan badan hukum yang memiliki fungsi sebagai orang yang bisa melaksanakan perintah dalam mengirimkan barang dari satu atau mungkin beberapa orang pemilik, yang kemudian akan dikumpulkan pada satu tempat atau dibeberapa tempat hingga bisa sampai ke tangan penerima barang yang diproses dengan aturan lalu lintas dari barang yang digunakan, dimana cara ini menggunakan satu atau hingga beberapa angkutan transportasi yang digunakan dan tanpa harus anda memiliki angkutan itu sendiri.

Peranan Freight Forwarder dalam sebuah sistem Freight Forwarding

Unuk forwarder sendiri adalah salah satu tempat dimana mereka yang memiliki barang akan menerima banyak sekali advixe mengenai sebagala aspek dalam proses untuk mengirimkan dan mengangkut barang. Beberapa diantaranya adalah :

  • Tata cara dalam proses pengemasan barang yang akan dikirimkan
  • Meninjau tempat dan peraturan pengiriman barang dari tempat yang dituju
  • Mempertimbangkan jalur dan juga rute dalam proses mengangkut barang sehingga bisa lebih cepat
  • Mengatur beberapa dokumen dan melakukan proses pemantauan selama proses angkut
  • Freight Forwarder bisanya akan dibantu dengan beberapa pekerja lain sehingga kegiatan ini akan menjadi lebih lancar

Secara singkat sebenarnya Freight Forwarder dalam perusahaan Freight Forwarding adalah orang yang sangat penting karena mengatur proses pengiriman barang dengan menggunakan sarana angkutan yang dipilih sesuai dengan berat, jenis dan nilai barang tersebut.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published.

top